0

Geguritan

Posted by Unknown on 19.24 in ,

WAYAH  WENGI
Dening Annida Zakiya Fatin (X8-04)
 

Rikala  surya  lingsir  ing  sisih  kulon

Lintang-lintang gumebyar maesi  sepining dirgantara

Rembulan  cumepak  birawa ing  singgasana

Nyunarake cahyane tumrap petenging wengi


0

Sejarah

Posted by Unknown on 19.22 in ,

 
Mula Bukane Mertoyudan

Rikala jaman semana kerajaan Mataram dipimpin dening raja kang aran Danang Sutawijaya kang diwenehi gelar Panembahan Senapati. Panembahan Senapati duweni gegayuhan ngambakake wilayah kerajaan. Kang bakal dilakoni sepisan yaiku mbukak alas ana daerah Kudu. Miturut kepercayan masyarakat kana, alas Kudu kuwi salah sijine kerajaan Jin kang dipimpin raja jin kang aran Jin Sepajang. Panembahan Senapati uga ngangkat Pangeran Purbaya dadi Senapati Perang kanggo ngadhepi mungsuh kang ora disangka-sangka.

Tekan dina sing wis ditetepake, bala tentara Mataram ngobrak-abrik alas Kudu mau. Mula saka iku Jin Sepajang nesu. Raja Jin Sepajang mrintah Pasukanne supaya nglawan bala tentara kang dipimpin Pangeran Purbaya. Tak urung meneh perang antarane kerajaan Mataram nglawan kerajaan Jin ora bisa disingkiri. Ananging bala tentara Jin kalah. Raja Jin Sepajang bisa mlayu saka kepungan pasukan Mataram.
Akhire alas Kedu mau bisa dikuasani dening kerajaan Mataram, dadi desa kang tentrem ayem loh jinawi. Ana ing desa kasebut, ana pak tani kang aran Kyai Keramat lan bojone kang aran Nyai Bogem. Kyai Keramat lan Nyai Bogem duweni anak wadon kang aran Rara Rambat. Rara Rambat kuwi wanita kang ayu rupane.

0

Cerpen

Posted by Unknown on 19.16 in ,

Waktu Mengubah Segalanya

Oleh Annida Zakiya Fatin


PYAAARR...! Beberapa pecahan keramik putih kini berserakan di lantai yang berwarna senada. Sebagian serpihan keramik masih memantul menuju sudut ruangan. Piring yang tadinya bulat utuh kini telah hancur berkeping-keping menjadi serpihan-serpihan tak berguna.

Aku melanjutkan mengangkat sendok berisi nasi dan sepotong kecil telur goreng yang sudah setengah jalan menuju mulutku. Aku tahu, suara kunyahan mulutku telah merusak keheningan di ruangan ini. Ah biarlah, yang kuinginkan sekarang hanyalah menghabiskan sarapanku dan segera pergi dari sini. Aku heran, bagaimana mungkin wanita paruh baya itu hanya diam saja? Hm.. ya, aku yakin ini hanya masalah waktu. Mereka hanya terjebak sejenak dalam emosi batin masing-masing. ­­ Pasti tak lama lagi mereka akan tersadar dan segera memulai ritual pagi.

”Kau ini...! Dasar laki-laki bodoh!” ucap wanita yang duduk bersebelahan denganku.



0

Kata-kata SH

Posted by Unknown on 19.11 in ,

Kata Kata Mutiara Sherlock Holmes


   

1. Ternyata tetap saja ada misteri besar dalam hidup ini yang tak bisa dijelaskan nalar manusia
(The Adventure of Cardboard Box)

2. Pendidikan adalah rangkaian pelajaran yang semakin lama malah semakin tinggi nilainya.
(The Adventure of Red Circle)

3. Kalau mau berhasil memainkan suatu peran, kita harus sungguh-sungguh menjalankannya
(The Adventure of Dying Detective)

4. Orang yang berkelahi demi kebenaran akan mendapat kekuatan tiga kali lipat dari senjata yang dimilikinya.



0

Tablet Terbaru

Posted by Unknown on 19.08 in ,

Tablet Terbaru Samsung Pakai Windows8 dan Android Sekaligus

 
London - Samsung telah meluncurkan tablet terbarunya Ativ Q yang bisa berganti sistem operasi antara Windows 8 dan Android.
 
Ativ Q memiliki layar 13,3 inci (33,8 cm) didudukkan di atas keyboard yang bisa dibuka untuk mengetik atau berfungsi sebagai penyangga. Tablet ini juga dilengkapi stylus. Peluncurannya dilakukan tak lama setelah Asus memperkenalkan persilangan laptop-tablet yang juga memiliki sistem operasi ganda milik Microsoft dan Google itu. Tren seperti ini tampaknya akan diikuti oleh para produsen lain.
 
“Ini cara yang sangat menghemat biaya bagi produsen untuk menawarkan nilai lebih pada pelanggan di saat mereka kesulitan membedakan kelebihan satu perangkat dari perangkat lain," ujar Chris Green, analis teknologi di Davies Murphy Group.
 
“Anda bisa menggunakan solusi produktivitas standar industri ala Windows -dari Office sampai program-program pihak ketiga -- dan juga sistem aplikasi mobile Google. Ini langkah selanjutnya yang logis."
 
Ativ Q ditenagai chip baru Intel, Haswell, dan menurut klaim Samsung baterei tahan sembilan jam dipakai. Ditambahkan pula layar tablet dirancang cukup terang sehingga bisa dipakai di bawah sinar matahari.
 
Penulis: Heru Andriyanto/HA
Sumber: BBC

0

Fakta SH

Posted by Unknown on 02.12 in ,
FAKTA-FAKTA TENTANG SHERLOCK HOLMES 
Pengguna Narkotika
Ketika tidak mendapatkan kasus, ataupun kasus yang menarik yang terjadi di masyarakat holmes merasa bosan dan stres. Sehingga untuk pelariannya holmes biasa menggunakan narkoba. Narkoba yang paling sering digunakan adalah kokain atau morfin.

Hanya ada satu wanita di hati Sherlock Holmes : Irene Adler
Tidak ada satu hal pun dalam diri setiap wanita yang dapat mebuat holmes tertarik. Hanya Irene adler yang dapat membuat holmes jatuh hati. Itu pun karena kelihaiannya yang membuat holmes terjebak sewaktu menangani kasus skandal bohemian.

Lupa makan selama sedang mengerjakan kasus
Sewaktu mengerjakan kasus, Sherlock Holmes dapat tidak sarapan dan baru makan ketika waktu malam harinya ketika sampai ke rumahnya di baker street. Dia selalu terlalu semangat sampai lupa mengisi perutnya terutama ketika menangani kasus yang sulit.

Copyright © 2009 Referensi All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.